22 April 2021 11:54 am

8 Cara Agar Stamina Tetap Terjaga di saat Puasa

8 Cara Agar Stamina Tetap Terjaga di saat Puasa
Selama berpuasa tubuh akan mengalami banyak perubahan seperti pola makan, pola tidur, olahraga, dan aktivitas harian lainnya. Tentunya hal ini dapat membuat stamina Bronix turun sehinga mudah untuk merasa lemas.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi pada saat sahud dan berbuka identik menjadi cara untuk menjaga stamina pada saat berpuasa. Selain itu Bronix juga perlu menghindari begadang dan tetap olahraga secukupnya agar kondisi kesehatan tetap terjaga.

Bronix juga harus memperhatikan kondisi tubuh selain memperhatikan pola makan, pola tidur, hingga olahraga. Ada baiknya Bronix berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa jika Bronix sedang dalam masa pengobatan atau menderita penyakit tertentu.

Berikut Onixers rangkum agar stamina tetap terjaga di saat puasa.

Jangan Meninggalkan Sahur


-

Makan sahur memiliki peran yang sangat penting saat berpuasa, karena energi yang Bronix butuhkan untuk kegiatas sehari-hari berasal dari makanan yang di konsumsi saat sahur.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, singkong dan ubi sangan disarankan di konsumsi pada saat sahur. Karena makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Tidur Yang Cukup


-

Selama puasa Bronix harus bangun lebih awal untuk sahur, hal inilah yang menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang dan berdapak saat beraktivitas sehari-hari cenderung lebih lemas dari biasanya.

Kurangi begadang atau tidur terlalu malam jika tidak ada kegiatan darurat agar bisa mengoptimalkan waktu tidur selama 6-8 jam per hari sehingga memiliki stamina yang cukup untuk aktivitas sehari-hari.

Memenuhi Asupan Cairan Tubuh


-

80 persen dari tubuh manusia terdiri dari cairan, ketika tubuh kekurangan cairan tubuh akan mudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi inilah yang membuat stamina menurun. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi air minimal delapan gelas setiap harinya.

Bronix dapat membaginya dari setelah berbuka puasa hingga sahur. Minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur.

Rutin Melakukan Olahraga Ringan


-

Puasa tidak bisa menjadi alasan untuk meninggalkan olahraga. Tapi pastikan juga olahraga yang dilakukan tidak terlalu berat, Bronix juga bisa mengurang durasi lebih singkat dari biasanya.

Jalan santai, jogging kecil, yoga dan bersepeda adalah beberapa olahraga ringan yang dapat di lakukan selama berpuasa. Bronix dapat melakukan olahraga tersebut 30-60 menit menjelang berbuka puasa.

Mengurangi Makanan dengan Minyak Berlebih


-

Bronix harus memperhatikan kadar minyak yang terkandung di dalam makanan. Karena minyak dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat sel darah merah menggumpal dan terhambat.

Hal ini dapat menyebabkan aliran oksigen ke dalam tubuh menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Bronix akan mudah mengantuk pada siang hari saat berpuasa.

Jaga Asupan Sayur dan Buah


-

Pada saat puasa Bronix harus menjaga asupan sayur dan buah agar tetap terjaga. Selain memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, sayur dan buah juga memiliki kadar air tinggi dan juga antioksidan yang mampu memelihara stamina.

Atur menu sahur dan berbuka untuk sayur dan buah secara beragam agar tubuh Bronix mendapatkan nutrisi yang lengkap.

Menkonsumsi Kurma


-

Kurma sangat identik dengan bulan Ramadhan. Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehataan. Selain memiliki serat, kurma juga menyimpan berbagai macam vitamin yang berguna untuk tubuh.

Karena memiliki banyak manfaat kurma dapat dikonsumsi kapan pun, baik sebagai hidangan awal berbuka atau makanan penutup sahur.

Multivitamin


-

Multivitamin dapat menjadi pilihan bagi Bronix yang ingin menjaga stamina tubuh selama berpuasa, apalagi jika kegiatan harian cukup padat. Dengan rutin mengonsumsi multivitamin, tubuh pun akan terhindar dari penyakit, lebih segar, dan mampu beraktivitas dengan baik.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
Onixers Office Komplek Baloper Jalan Teratai, Blok F No.11, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553, Indonesia
022-6804540
0821-1673-7727
onixers.bdg@gmail.com onixer.offical@gmail.com
Shipping
-
-
-
COPYRIGHT 2023 ONIXERS.ID