22 Maret 2021 3:06 pm

11 Perlengkapan atau Equipment yang harus disiapkan sebelum melakukan Touring Motor

11 Perlengkapan atau Equipment yang harus disiapkan sebelum melakukan Touring Motor
Berkendara dengan motor tercinta, menikmati suasana perjalanan yang berbeda dari berkendara sehari-hari. Menikmati hembusan angin dan panorama yang indah dalam perjalanan, membuat mata dan hati menjadi tentram.
Itulah pengalaman yang ingin setiap orang rasakan ketika melakukan touring. Tapi pengalaman itu bisa menjadi tidak menyenangkan jika Bronix tidak melakukan persiapan rute dan perlengkapan yang matang. Karena itu, Onixers akan memberikan tips peralatan yang Bronix harus bawa ketika Tour Motor.

1. Helm



Perlengkapan yang wajib digunakan baik itu untuk berkendara sehari-hari ataupun pada saat touring. Apapun helm yang akan Bronix gunakan, pastikan helm memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk perlindungan sempurna pastikan ukuran helm Bronix sesuai dengan ukuran kepala, selain itu pastikan tali pengikat dan pengancingnya dalam keadaan yang sempurna.

2. Jaket


Tidak semua jaket bisa digunakan untuk touring, pilihlah jaket yang tebal dan menutupi daerah leher, pergelangan tangan serta pinggul. Lebih bagus lagi jika jeket memiliki sitem perlindungan untuk perlindungan disaat yang ditidak dinginkan. Bawa atau gunakan jaket dengan material Breathable atau Waterproof untuk menambah kenyamanan berkendara pada cuaca panas ataupun hujan.

3. Jas Hujan


Sama seperti helm, jas hujan merupakan perlengkapan yang penting untuk di bawa pada saat touring ataupun berkendara harian. Pilihlah jas hujan yang nyaman, kuat dan tidak mudah bocor, karena jika pakaian basah maka berkendara akan menjadi tidak nyaman dan Bronix beresiko terserang flu. Pada saat hujan jarak pandang menjadi berkurang, penggunaan jas hujan yang berwarna cerah atau memiliki reflector dapat membantu pengendara lain untuk mengetahui posisi Bronix berada. Jangan paksakan berkendara jika hujan semakin deras, selain jarak pandang yang terbatas, jalanan akan menjadi licin dan system pengereman bisa tidak optimal.

4. Sarung Tangan


Sarung tangan adalah salah satu peralatan berkendara yang kadang dihiraukan oleh sebagian besar orang. Sarung tangan memiliki fungsi untuk melindungi tangan dari terik panas matahari, udara dingin, memperkuat cengkraman tangan pada setang, meredam getaran dan melindungi tangan pada saat kecelakaan. Pilihlah sarung tangan yang sesuai dengan motor dan tujuan berkendara, selain itu pilihlah sarung tangan yang menggunakan material yang kuat, anti selip pada bagian telapak tangan dan nyaman digunakan. Pastikan juga ukuran sarung tangan yang pas dengan ukuran tangan agar berkendara lebih nyaman. Sebagai bonus Bronix bisa mencari sarung tangan yang tetap bisa digunakan untuk mengoperasikan smartphone.

5. Sepatu


Sepatu touring yang baik adalah sepatu yang memiliki perlindungan pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider). Pengguanaan material yang kuat, tahan lama, waterproof dan nyaman digunakan menjadi pilihan dasar untuk memilih sepatu touring.

6. Pakaian Ganti


Untuk mengantisipasi kondisi jalan yang tidak menentu seperti Hujan atau Panas terik, pakaian ganti perlu disiapkan. Karena menggunakan pakaian yang basah karena hujan ataupun keringat membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

7. P3K atau Obat-obatan


Membawa kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) atau obat-obatan pada saat touring sangat di anjurkan. Bukan hanya bisa di gunakan ketika terjadi kecelakaan tapi juga bisa digunakan jika Bronix mengalalami gejala tidak enak padal pada saat perjalanan.

8. Tool Kit, Busi Cadangan dan Alat Tambal Ban


Merupakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan jika tiba-tiba kendaraan mengalami masalah dalam perjalanan. Karena itu peralatan-peralatan ini termasuk peralatan yang wajib dibawa pada saat touring tertutama touring jarak jauh, Bronix tidak perlu bingung mencari bengkel untuk mengencangkan baut longgar atau harus mengganti part minor di motor. Termasuk juga ban bocor, Bronix bisa melakukannya sendiri tanpa perlu mencari tukang tambal ban.

9. Box atau Tas Motor



Sebagai tempat untuk menyimpan barang bawaan selama Touring, Box atau Tas Motor wajib dibawa. Saat ini bentuk dan ukuran Box atau Tas motor sudah memiliki banyak variasi. Susun barang sesuai dengan prioritas dalam perjalanan, jas hujan, tool kit atau pakaian ganti di simpan di posisi yang mudah di jangkau. Jika Bronix tidak memiliki box atau tas motor, Bronix bisa tas travel atau tas ransel biasa. Untuk penggunaan tas punggung sebaiknya tas diikan di atas jok motor untuk mengurangu beban tubuh Bronix. Karena untuk perjalanan jarak jauh penggunaan tas punggung akan membuat tubuh Bronix menjadi cepat lelah. Untuk barang bawaan seperti smartphone, powerbank dan dompet Bronix bisa membawanya di tas pinggang atau tas selempang kecil.

10. Power Bank


Untuk kelancaran komunikasi selamat perjalanan Smartphone akan sering digunakan, selain berkomunikasi smartphone bisa digunakan sebagai pengganti GPS atau peta untuk mencari jalan bahkan rest area terdekat. Karena itu Power Bank dibutuhkan untuk menjaga smartphone Bronix tetap ON.

11. Uang Tunai


Terkadang kita takut untuk membawa terlalu banyak uang tunai, tapi pada saat touring uang tunai sangat diperlukan saat Bronix menggunakan rute yang tidak memiliki mesin ATM atau bank. Tapi pastikan untuk penyimpanan uang jangan berada di satu tempat untuk mengantisipasi jika dompet Bronix hilang.


Berkendara ditengah keindahan yang diciptakan oleh Tuhan, membuat kita bersyukur bisa hidup di dunia yang indah ini. Panorama dan Suasana yang tak terlupakan menjadi satu pengalaman indah dalam hidup kita, menjadi penyemangat baru untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan.

Onixers Make It Worth



Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
Onixers Office Komplek Baloper Jalan Teratai, Blok F No.11, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553, Indonesia
022-6804540
0821-1673-7727
onixers.bdg@gmail.com
Shipping
COPYRIGHT 2021 ONIXERS.ID